HUMANIORA


It’s Brangelina                                     
Thursday, 22 January 2009

Ketika selebritis terlihat seperti memanipulasi citra mereka di mata publik, Jolie melakukan semua itu dengan elegan. Aktris ini tidak mempekerjakan seorang pun publisis atau agen.

Ketika Angelina Jolie dan Brad Pitt bernegosiasi dengan People dan majalah selebritis lain untuk pengambilan foto bayi kembar mereka berikut wawancaranya, kedua mega bintang ini tidak hanya melakukan deal senilai 14 juta dolar AS, tapi juga meminta peliputan yang positif atas mereka.

Menurut kesepakatan yang ditawarkan oleh Jolie, majalah yang memenangkan deal ini nantinya wajib menulis apapun yang tidak akan merefleksikan Jolie dan keluarganya secara negatif. Hal ini dikatakan oleh sumber minta namanya tidak disebutkan karena pembicaraan tersebut bersifat konfidensial. Sumber ini juga mengatakan bahwa perjanjian dengan Jolie mencakup 'editorial plan' dan peta layout-nya di media.

  
Majalah People kemudian memenangkan deal interview itu. Hasil wawancara ekslusif yang diterbitkan dalam edisi Agustus lalu, menembus tiras tertinggi dalam 7 tahun terakhir. Peliputan utama ini adalah publisitas yang luar biasa bagi Jolie, sang peraih Oscar, mantan orang eksentrik Hollywood yang dulunya mengenakan kalung dengan ornamen darah kering dan sangat memuja pisau, yang kemudian bertransformasi menjadi seorang filantropis, Duta PBB, dan ibu bagi 6 orang anak. Interview dengan majalah People memuat kegiatan amal yang dilakukan oleh pasangan Pitt-Jolie. Majalah ini juga tidak menggunakan kata “Brangelina” yang kerap dipakai tabloid sebagai julukan bagi mereka.

Melalui juru bicaranya, Majalah People yang dimiliki oleh Time merilis pernyataan yang menyangkal bahwa ada syarat-syarat tertentu yang dikondisikan dalam liputan tersebut. “Seperti organisasi berita manapun, People memang membeli foto, tapi kami tidak memuat redaksional berdasarkan permintaan dari pihak luar,” kata mereka.

Menurut penulis NewYork Times, Brooks Barnes, ketika selebritis terlihat seperti memanipulasi citra mereka di mata publik, Jolie melakukan semua itu dengan elegan. Aktris ini tidak mempekerjakan seorang publisis atau agen. Kunci untuk citra dirinya adalah dirinya sendiri, meskipun ia juga memiliki manager bernama Geyer Kosinski, tulis Barnes.

Jennifer Lopez yang menjual foto bayi kembarnya ke People senilai 6 juta dolar AS Februari tahun lalu memiliki tim yang terdiri dari 6 orang untuk mengendalikan situasi ini. Sedangkan Jolie hanya memiliki ponselnya, seorang pengacara, dan Kosinski—selain tentunya Brad Pitt.

“Dia sangat pintar”, kata Bonnie Fuller, mantan editor US Weekly dan Majalah Star. “Tapi tidak cuma pintar, dia memiliki insting jenius melebihi bintang lainnya untuk menajamkan citra dirinya,” tambah Fuller.(**)